Terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera

Digelar BPP, SMKN 3 Bengkalis Juara I LKI 2023

Digelar BPP, SMKN 3 Bengkalis Juara I LKI 2023

BENGKALIS -  SMKN 3 Bengkalis berhasil meraih juara 1 lomba karya ilmiah (LKI) tingkat SMA/Sederajat tahun 2023 yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kabupaten Bengkalis.

Kepastian tersebut diperoleh berdasarkan hasil pengumuman yang dilaksanakan di aula Kantor BPP Bengkalis, Rabu (6/12/2023). Pengumuman sekaligus pemberian hadiah tersebut dihadiri Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Johansyah Syafri serta Kepala Balitbang Fadhlan Fuad Daulay.

SMKN 3 Bengkalis berhasil meraih juara 1 melalui penelitian yang berjudul Rancangan mesin penggulung benang rentang tenun semi otomatis untuk mengoptimalkan prosuksi home industri.

Selanjutnya, juara II diraih SMKN 1 Rupat  dengan judul penelitian "Optimalisasi substrat kombinasi limbah organik pada tanaman jamur tiram putih (pleurotus osteeasus) sebagai upaya deningkatan ketahanan pangan".

Sementara juara III diraih MAN 1 Plus Keterampilan Bengkalis dengan penelitian "Pemanfaatan botol bekas sebagai media PAH berkualitas 200 liter menggunakan metode grid untuk mengurangi dampak heatstroke di kawasan pesisir".

Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Johansyah Syafri menyebutkan momentum ini dapat menjadi inspirasi, serta mediator yang mampu menumbuh kembangkan etos ilmiah di kalangan siswa-siswi SMA sederajat, dengan harapan kedepannya tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, akan tetapi mampu menjadi produsen dari ilmu pengetahuan itu sendiri.

"Kita berharap, generasi  muda Kabupaten Bengkalis kedepan menjadi generasi yang dapat menjadi pendorong utama perubahan. Karena mereka memiliki kemampuan untuk menciptakan solusi baru, dan mengubah paradigma dengan gagasan-gagasan segar, membawa energi dan keberanian untuk mengatasi tantangan global," ujarnya.

Tahun ini pelaksanaan lomba karya ilmiah begitu diminati, sehingga jumlah peserta meningkat menjadi 25 dibandingkan pada tahun lalu 19 kelompok peserta. Tema Lomba Karya Ilmiah Tingkat SMA sederajat Tahun 2023 ini “Peran Generasi Muda Berjiwa Inovatif, Kreatif Dan Berkarakter yang Ramah Lingkungan  Dalam Mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermasa”.

Tim penilai merupakan dosen Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) Gunawan, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis Imam Ghozali serta Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis Mashuri.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Koperasi UKM Aulia Army Effendy serta sejumlah pejabat administrator dan pengawas di lingkup Pemkab Bengkalis, peserta karya ilmiah serta didampingi kepala sekolah.***

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini Write a comment

View all comments

Write a comment